Inilah Alasan Kenapa Rokok Itu Dilarang

Inilah Alasan Kenapa Rokok Itu Dilarang

Dilarang merokok – Sebatang rokok yang di isap oleh seseorang akan habis dalam 10 isapan atau dalam waktu 5 menit. Akan tetapi, tahukah kamu dalam waktu sesingkat itu ada 4.000 jenis zat kimia yang merasuki organ-organ tubuh. Lihat reaksi apa yang terjadi saat merokok.

0-10 detik pertama

Pada isapan yang pertama, asapa rokok akam masuk ke mulut dan meninggalkan lapisan coklat tipis di gigi. Gas yang memiliki sifat toksik seperti formalin dan ammonia yang terhirup akan mengakibatkan sistem imun menjadi waspada sehingga terjadi inflamasi.

Dengan masuk ke organ tenggorokan, asap rokok akan melambatkan cilia, dengan zat kimia yang berbahaya dari rokok  bisa merusakan sistem pernapasan. Pada waktu yang sama, nikotin yang naik ke udara langsung masuk ke pembuluh darah melalui jutaan kapiler atau partikel-partikel yang berbahaya dalam paru-paru.

Saat nikotin masuk ke kelenjar adrenal, organ tubuh akan merasakan sentakan energi yang bisa menyebabkan pengeluaran adrenalin, hal ini membuat tekanan darah dan juga detak jantung akan meningkat cepat. Hal ini bisa mengakibatkan jantung akan kesulitan untuk mengendur di antara detang jantung sehingga resiko terkena stroke akan meningkat.

Melalui perederan darah, zat nikotin yang berbahaya akan memasuki otak dan direspon oleh sel saraf tertentu dengan cara pelepasan secara deras maka neurotransmitter dopaim yang memberikan sensasi enak. Hal ini lah yang menimbulkan rasa merokok itu membuat ketagihan.

Setelah 5 menit

Setelah level dopamine kembali normal, tubuh mengingkan perasaan ingin merokok lagi walaupun kita tidak menyadarinya, jika kita sering memuaskan keinginan ini, otak akan terbiasa dan mulai merasakan ketagihan. Akibatnya membuat sulit untuk berhenti merokok.

Meski rokok sudah dimatikan, di dalam tubuh masih menumpuk kandungan yang beracun untuk 6-8 jam ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *